Kamis, 14 April 2011

PELATIHAN LAGU NASIONAL GURU SBK BANTUL

Sebagai wujud peningkatan kompetensi pribadi, guru SBK MTs Kabupaten Bantul menggelar pelatihan menyanyikan dan mengiringi Lagu Nasional. Kegiatan tersebut digelar pada hari Kamis 10 Maret 2011 bertempat di MTsN Gondowulung. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok, dengan dipandu Drs.Zamroni (MTsN Gondowulung), Dra. Heni Susilaningsih (MTsN Bantul Kota) dan Drs. Sutanto (MTsN Pundong).
Pelatihan diawali dengan penyampaian teks lagu, membaca notasi dan teknik iringan.



Lagu yang dilatihkan adalah lagu Indonesia Raya dan lagu Mengheningkan Cipta, pertimbangannya bahwa dua lagu tersebut merupakan lagu yang selalu dibawakan pada Upacara hari Senin di masing-masing Madrasah.
Untuk pelatihan iringan, peserta diberikan penjelasan tentang pengertian akord, penggunaan akord pokok, teknik mengiringi sederhana.
Meskipun hanya dalam waktu singkat, namun rata-rata peserta mengaku puas karena telah mendapat gambaran nyata bagaimana membawakan dan mengiringi lagu Nasional.
Ketua MGMP SBK MTs Kab. Bantul H. Mulyorejoso mengatakan, " pelatihan sangat bermanfaat bagi seluruh peserta, karena materinya adalah hal yang langsung bersentuhan dengan apa yang ada di lapangan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar