Kamis, 09 Februari 2012

GURU SBK MTs Se Bantul “ PRAKTEK MEMBATIK “

Guru Seni Budaya & Keterampilan (SBK) MTs se Kabupaten Bantul terus berupaya mengembangkan diri dan meningkatkan ketrampilan personal. Salah satu upaya upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan praktek membatik di  dusun Donoloyo Tamanan Banguntapan.

Pelatihan diselenggarakan oleh MGMP SBK MTs Se Bantul, berlangsung Kamis, 9 Februari 2012 diikuti oleh guru SBK MTs se Bantul mulai jam 9 pagi.
Pelatihan diawali dengan penjelasan langsung dari Kasnari selaku pengelola “Rizka Batik” dilanjutkan dengan praktek langsung membuat syal dengan teknik batik cap. Langkah pembuatan  dilakukan dengan memilih motif yang sudah tersedia. Kasnari merupakan sosok pengrajin batik yang sudah menggeluti batik sejak tahun 70-an dibantu putra dan beberapa karyawannya, namun untuk perkembangan produknya tergantung pada pesanan.
Menurut Kasnari proses membuat batik diawali dengan penyiapan bahan, pemilihan pola yang dimaui, pewarnaan ( bisa dengan pencelupan atau pencoletan), mbironi yang berguna untuk menutup sebagian motif yang diinginkan) dan selanjutnya adalah pelorotan. Untuk alas mengecap ada beberapa lapis yaitu : plastic kaca/tahan api, kertas semen, kain selimut/mori, kain sprei/ karpet, plastik 0,5, dan sekam padi/ busa 7-10 cm. Menyinggung tentang harga untuk 1 bahan kain berkisar 70-120 ribu, tergantung dari jenis kain yang dipakai dan jumlah warnanya.
Semua guru yang melakukan praktek merasa senang, karena tidak terlalu banyak teori yang diberikan sebagaimana pelatihan pada umumnya, namun penjelasan langsung praktek dengan dilakukan pendampingan, sehingga apabila terjadi hal yang kurang pas langsung dibetulkan yang semestinya. Termasuk ketika mengecap kondisi “malam-nya” suhunya harus sedang tak boleh terlalu panas tak boleh terlalu dingin agar hasilnya bagus.
Pelatihan MGMP SBK MTs se Bantul di Donoloyo ini sudah meruapakan kegiatan yang ke 2 kalinya diselengarakan, setelah pada 26 Januari 2012 melakukan Lesson Study di MTsN Piyungan.  Dan untukkegiatan ke 3 nya, akan digelar Kamis 23 Februari 2012 untuk melakukan pewarnaan dan pelorodan di Donoloyo ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar